Ngantukan di Pagi Hari Meski Sudah Tidur Cukup? Atasi dengan Cara Ini

Jakarta, Pernahkah Anda sengaja tidur lebih cepat dengan harapan esok hari tubuh akan terasa lebih bugar? Sebagian besar orang merasa mereka tetap terbangun dengan rasa kantuk meskipun sudah tidur lebih dini pada malam sebelumnya. Bagaimana cara mengatasinya?

Tetap segar di pagi hari saat baru bangun tidur bagi sebagian besar orang merupakan hal yang sulit dilakukan, baik bagi mereka yang sudah tidur cukup maupun bagi mereka yang memiliki kebiasaan tidur larut malam.

Dilansir Times of India, Rabu (2/10/2013), berikut yang dapat Anda lakukan agar tetap segar saat bangun tidur di pagi hari:

1. Tetapkan jam tidur yang sama setiap malam

Sebaiknya tetapkan jam tidur yang sama setiap harinya. Mengapa? Dengan menerapkan jam tidur yang sama dan konsisten maka tubuh akan lebih mudah beradaptasi. Selain itu, tubuh juga akan lebih mudah untuk membiasakan diri tetap segar di pagi hari. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam setiap malamnya agar jam tidur tetap terpenuhi.

2. Matikan semua alat elektronik

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, maka Anda harus menghilangkan semua benda yang mungkin mengganggu tidur Anda. Matikan komputer dan televisi setidaknya 30 menit sebelum pergi tidur. Tak hanya itu, sebaiknya matikan juga lampu saat Anda tidur karena cahaya dapat menjadi gangguan bagi otak saat Anda tidur. Cobalah lebih rileks misalnya dengan membaca buku atau minum segelas susu hangat sebelum tidur
3. Hindari mengonsumsi alkohol

Berlawanan dengan kepercayaan populer bahwa alkohol dapat membuat Anda lebih mudah tertidur, terbiasa minum alkohol atau kopi di malam hari justru dapat membuat Anda terjaga dan mengganggu pola tidur.

4. Lakukan aktivitas ringan sebelum dan sesudah tidur

Lakukan aktivitas ringan setidaknya 1-2 jam sebelum anda menekan tempat tidur. Tak hanya itu, sediakan juga waktu sekitar 30 menit untuk beraktivitas ringan setelah bangun tidur, misalnya dengan berjalan. Dengan begitu, tubuh akan lebih bugar sepanjang hari.

5. Mandi sesegera mungkin

Sebuah percikan air saat bangun tidur merupakan cara yang baik untuk 'membangunkan' saraf-saraf Anda. Semakin Anda menunda waktu mandi, maka tubuh akan terasa semakin lelah. Mandi dapat membuat Anda lebih bersemangat dan mengurangi rasa kantuk Anda.




No comments:

Post a Comment