Strategi Menjawab Soal UN Bhs Inggris


UN adalah hal yang paling sangat mengerikan bagi para siswa. ini dikarenakan banyaknya siswa yang masih belum siap untuk menghadapi UN tersebut, sampek-sampek ada juga yang masih pergi ke Dukun,.

nah sahabat achunksblog sekarang tidak usah susah payah pergi ke Dukun. silahkan simak dan pelajari trik berikut, dijamin sahabat achunksblog puas
A.    PROCEDURE TEXT
1.    Pengertian Procedure Text
Procedure Text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris atau yang biasa disebut genre yang menunjukan sebuah proses dalam membuat atau mengoprasikan sesuatu yang berfungsi untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dikerjakan melalui langkah-langkah yang teratur.

2.    Tujuan Komunikatif Procedure Text
Tujuan Komunikatif dari Procedure Text adalah memberikan petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang urut.

3.    Struktur kebahasaan Procedure Text
a.         Aim/ Goal Adalah berisi informasi mengenai tujuan dalam pembuatan atau pengoprasian sesuatu.
b.         Materials terdiri dari bahan-bahan yang digunakan dalam membuat sesuatu. Tapi tidak semua Procedure Text menyertakan bagian materials, adakalanya sebuah Procedure Text tidak memiliki bagian materials.
                                          Ada tiga jenis Procedural Text yang tidak menggunakan bagian materials, yaitu:
·       Procedural Text yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana cara melakukan instruksi secara manual. Contohnya : How to use the video game, the computer, the tape recorder, atau the fax, etc.
·       Procedural Text yang menginstruksikan bagaimana melakukan aktivitas-aktivitas tertentu dengan peraturanya. Contohnya : raod safety rules, atau video game rules, etc.
·       Procedural Text yang berhubungan dengan sifat atau kebiasaan manusia. Contohnya How to live happily, atau How to secceed.
c.          Steps adalah  langkah-langkah atau urutan-urutan yang harus dilakukan agar tujuan yang diuraikan pada bagian Aim/ Goal bisa tercapai. Langkah-langkah atau urutan-urutan tersebut haruslah urut dari yang pertama hingga terakhir.

4.     Ciri Kebahasaan Procedure Text
  1. Menggunakan kalimat imperative (Perintah), misalnya, Cut, Don’t mix
  2. Menggunakan action verbs, misalnya turn, put, don’t, mix
  3. Menggunakan connectives (kata penghubung) untuk mengurutkan kegiatan, misalnya then, while
  4. Menggunakan adverbials (kata keterangan) untuk menyatakan rinci waktu, tempat, cara yang akurat, misalnya for five minutes, 2 hours
  5. Menggunakan simple present.

5.  Contoh Procedure Text
1. Planting Chilies
Aim/ Goal
Planting is a nice activity in our spare time. The following is guided information on how to plant a chili-plant easily. Here are the steps.
Steps
Firstly, dry a handful seeding under the sunlight.
Secondly, put the seeding on the soil. It should be in open area
Next, wait it. There will come out the sprout after that let it be bigger.
Finally, put it in another big pot. It will soon grow bigger and bigger and yield us some fresh chilies soon.

2. How to Make a Cheese Omelet
Aim/ Goal
How to Make a Cheese Omelet
Materials/Ingredients
1 egg, 50 g cheese, ¼ cup milk, 3 tablespoons cooking, oil, a pinch of salt and pepper.
Utensils
Frying pan, fork, spatula, cheese grater, bowl, plate.
Steps
1. Crack an egg into a bowl
2. Whisk the egg with a fork until it is smooth
3. Add milk and whisk well
4. Grate the cheese into the bowl and stir
5. Heat the oil in a frying pan
6. Pour the mixture into the frying pan
7. Turn the omelet with a spatula when it browns
8. Cook both sides
9. Place on a plate; season with salt and pepper
10. Eat while warm.

B.     DESCRIPTIVE TEXT
1.    Pengertian Descriptive Text
Adalah text yang menggambarkan atau menjelaskan orang, tempat atau benda – benda tertentu. Sifatnya text ini menjelaskan sesuatu secara khusus tidak menjelaskan secara general.

2.    Struktur Kebahasaan (Generic structure)
a.     Identification: dalam bagian ini menjelaskan di identifikasinya yang mau di deskripsikan/ digambarkan
b.     Description: pada bagian ini dideskripsikan/ digambarkan secara terperinci mengenai apa yang mau didiskripsikan/ digambarkan
3.    Ciri-ciri Descriptive text
a.     Menggambarkan sesuatu yang khusus
b.     Menggunakan Present Tense
c.     Pragraf awal berisi sesuatu yang akan dibahas
4.    Contoh I
Robin Van Persie is a famous footballer from Netherlands. He was born on august 06, 1983 in Rotterdam, Netherlands. Robin has tall body. His height is around 1.86 meters. He is very athletic. Her body is average and has nice stamina. Robin’s role is a striker. He is strong and the best goal getter during his career. He often goals to win his club. Robin has spent his lifetime to football. He began his career at feyenoord FC. After that he moved to Arsenal in England. He has played around 8 years before moving to Manchester United FC.

C.    NARRATIVE TEXT
A. Pengertian Narrative Text
Adalah cerita imaginative yang bertujuan untuk menghibur orang. Menurut kamus bahasa inggris Naratif adalah teks yang berisi sebuah cerita baik tertulis ataupun tidak tertulis dan terdapat rangkaian peristiwa yang saling terhubung.

B. Tujuan Komunikatif Narrative Text
Adalah untuk menghibur pendengar atau pembaca tentang suatu kisah atau cerita masa lampau yang bertalian dengan pengalaman nyata, khayal atau peristiwa-peristiwa pelik yang mengarah ke suatu krisis, yang pada akhirnya menemukan suatu penyelesaian.

C. Generic Structure Narrative Text
1. Orientation Berisi tentang pengenalan tokoh dalam cerita serta waktu dan tempat kejadiannya.
2. Complication Berisi tentang gambaran munculnya krisis atau masalah yang di alami oleh tokoh pada cerita tersebut yang harus dipecahkan.
3. Resolution Berisi tentang bagaimana tokoh dari cerita tersebut memecahkan masalah yang ada pada bagian Complication. Biasanya terdapat lebih dari satu Resolution untuk satu Complication.

Pada beberapa referensi tentang Narrative Text, terdapat tambahan generic structure pada Narrative Text, yaitu penambahan Coda setelah Resoultion. Jadi susunan Narrative text adalah Orientiation, Complication, Resolution dan Coda. Coda adalah bagian terakhir dari structure Narrative Text yang berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut.

D. Ciri Kebahasan Narrative Text
·  Mengunakan Action Verb dalam bentuk Past Tense. Misalnya : Climbed, Turned, Brought, dsb.
·  Menggunakan Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam cerita. Misalnya : the king, the queen, dsb.
·  Menggunakan Adjectives yang membentuk noun phrase. Misalnya : long black hair, dsb.
·  Menggunakan Time Connectives dan Conjunctions untuk mengurutkan kejadian-kejadian. Misalnya : then, before, after, soon, dsb.
·  Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa. Misalnya : here, in the mountain, happily ever after, dsb.

E. Contoh Narrative Text
SNOW WHITE
1.    Orientation
Once upon a time there lived a little girl named Snow White. She lived with her Aunt and Uncle because her parents were dead. (Suatu ketika, hiduplah seorang gadis bernama Snow White. Dia tinggal bersama paman dan bibinya, karena orangtuanya telah meninggal.)
2.    Complication
 One day she heard her Uncle and Aunt talking about leaving Snow White in the castle because they both wanted to go to America and they didn’t have enough money to take Snow White.
Snow White did not want her Uncle and Aunt to do this so she decided it would be best if she ran away. The next morning she ran away from home when her Aunt and Uncle were having breakfast. She ran away into the woods. (Suatu hari dia mendengar paman dan bibinya berbicara tentang rencana meninggalkan istana karena mereka berdua ingin pergi ke Ameria dan mereka tidak mempunyai cukup uang untuk membawa serta Snow White.) (Snow White tidak ingin paman dan bibinya melakukan hal tersebut, sehingga dia memutuskan akan lebih baik jika dia pergi. Pagi harinya dia pergi dari rumah ketika paman dan bibi nya sedang sarapan. Dia lari ke dalam hutan.)
3.    Resolution
 Then she saw this little cottage. She knocked but no one answered so she went inside and fell asleep. Meanwhile, the seven dwarfs were coming home from work. They went inside. There they found Snow White sleeping. Then Snow White woke up. She saw the dwarfs. The dwarfs said, “what is your name?” Snow White said, “My name is Snow White.” Doc, one of the dwarfs, said, “If you wish, you may live here with us.” Snow White said, “Oh could I? Thank you.” Then Snow White told the dwarfs the whole story and finally Snow White and the 7 dwarfs lived happily ever after. (Kemudian dia melihat gubuk kecil. Dia mengetuk pintu tetapi tidak ada yang menjawab sehingga dia masuk dan merasa ngantuk.) (Sementara itu, tujuh kurcaci telah pulang dari pekerjaannya. Mereka masuk. Di sana mereka menemukan Snow White tertidur. Kemudian Snow White terbangun. Dia melihat kurcaci tersebut. Kurcaci tersebut berkata "Siapa nama kamu?" Snow White menjawab, "Nama saya Snow White.") (Doc, salah satu dari kurcaci tersebut berkata, "Jika kamu mau, kamu bisa tinggal di sini bersama kami." Snow White berkata, "Oh, bolehkah? Terima kasih." Kemudian Snow White menceritakan semua kisahnya dan akhirnya Snow White dan 7 kurcaci hidup bahagian selamanya.

D.    REPORT TEXT
A.   Pengertian Report Text
Report text adalah sebuah teks yang memberikan informasi tentang suatu peristiwa atau situasi, setelah diadakannya investigasi dan melalui berbagai pertimbangan atau dengan kata lain berisi fakta. Nah, berisi fakta inilah yang membedakan report text dengan descriptive text
B.    Generic Structure Report Text
  1. General Clasification : Pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya.
  2. Description : Pada bagian ini report text memberikan gambaran fenomena-fenomena yang terjadi; baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, ataupun tingkah lakunya. Intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang disajikan dengan ilmiah.
C.    Tujuan dan Ciri Report Text
tujuan report text tersebut adalah untuk menyampaikan informasi hasil pengamatan dan analisa yang sistematis. Informasi yang dijelaskan dalam report text biasanya bersifat umum, baik itu alamiah ataupun buatan seperti binatang mamalia, planet, bebatuan, tumbuh-tumbuhan, negara bagian, budaya, transportasi, dan lain sebagainya.
Ciri-ciri report text adalah sebagai berikut
·       Menggunakan general nouns, seperti ‘Reptiles in Comodo Insland’, dsb.
·       Menggunakan relating verbs untuk menjelaskan ciri, misalnya reptiles are scaly animals (ciri ini berlaku untuk semua reptilia), dsb.
·       Menggunakan action verbs dalam mejelaskan perilaku, misalnya lizards cannot fly, dsb.
·       Menggunakan present tense untuk menyatakan suatu yang umum, misalnya Komodo dragons usually weight more than 160 kg, dsb.
·       Mengguanakan istilah teknis/ ilmiah, misalnya water contains oxygen and hydrogen, dsb.

D.   Contoh Report Text
Football is a game played by two teams of eleven. They try to score by kicking or heading the ball into the other team’s goal. Ten of the players can not use their hands. The goal keeper can handle the ball to stop it going into the goal.
Games similar to football have been played for many centuries. The rules of the games were written down in 1863. In England, the FA ( Football Association ) cup was first played for in 1872. In the same year, England played Scotland in the first game.
Today the most important International Competition is the World Cup which takes place in every four years. Brazil and Italy have each won the world cup three times.



Standar Kompetensi Kelulusan
R E A D I N G ( MEMBACA)

1.    MENENTUKAN GAMBARAN UMUM TEKS
Contoh pertanyaan        
 : What is the text talk about?
   What is the suitable title for the text above?
   The text above tell us about…
   What does the story tell about?


Jawabannya :   
 * Jika ada judul maka jawabannya adalah judul
 * Jika tidak ada judul jawabannya kata yang paling banyak muncul di dalam teks



2.    MENENTUKAN TUJUAN KOMUNIKASI
Contoh pertanyaan : What is the purpose of the text ?

Jawabannya : 
·         Teks Deskripsi (isinya menggambarkan manusia,tokoh yang sedang naik daun, hewan,benda,dan suatu tempat) maka jawabannya adalah to describe…(judul teks)/(sesuatu yang digambarkan dalam teks).
·         Teks Recount (Isinya menceritakan pengalaman di masa lalu secara berurutan sesuai waktu kejadian, menggunakan jenis kalimat past tense) maka jawabannya adalah to retell the past event/ to tell the past event.
·         Teks Narasi ( Isinya menceritakan sebuah dongeng, teks dimulai dengan kata “Once upon a time, One day, Once, a long time ago, Menggunakan kalimat Past tense) maka jawabannya adalah to entertain the readers or to amuse the readers.
·         Teks  Procedur (Isinya menjelaskan bagaimana cara/metode membuat sesuatu,misalkan sebuah resep membuat makanan) maka jawabannya adalah to show how to make…(judul teks).
·         Teks Report (Isinya menggambarkan manusia,hewan,benda dengan lebih detail melalui proses penelitian)maka jawabannya adalah to describe…(judul teks).
·         Teks Undangan jawabannya adalah to invite
·         Teks Pengumuman jawabannya adalah to announce.
·         Teks Iklan jawabannya adalah to promote/to advertise.
·         Teks surat jawabannya adalah to tell/to inform.
·         Teks label jawabannya adalah to give detail information.
·         Teks Greeting Card jawabannya adalah to give warm/to congratulate
A.      
3.    MENENTUKAN IDE UTAMA PARAGRAP TERTENTU
Contoh pertanyaan : What is the main idea of paragraph…?
                                 First = pertama, second=kedua, third=ketiga, fourth=keempa, last=terakhir

Jawabannya :
Kalimat pertama yang berada di awal paragrah

4.    MENENTUKAN INFORMASI RINCI
Contoh pertanyaan : How, where, when, which, how many, what does ,Who, Why, whom, how long, etc

Jawabannya :
Carilah kata/kalimat dalam pertanyaan pada teks, jawabannya terdapat di bagian sebelum atau sesudah kalimat pertanyaan.

5.    MENENTUKAN INFORMASI TERSURAT
Contoh pertanyaan : What we can learn from the story above?

Jawabannya :
*Ada di akhir paragraph
*Siswa harus  menyimpulkan setelah membaca seluruh teks

6.    MENENTUKAN MAKNA / PERSAMAAN KATA
Contoh pertanyaan:
Similar/the same meaning/sinonim/meaning

7.    MENENTUKAN REFERENSI KATA
Contoh pertanyaan: The underlined word, refers to…

Jawabannya: Subject atau Object pada kalimat sebelumnya


 Tobe Continoued!
 SELAMAT BELAJAR SEMOGA SUKSES!
B.        

No comments:

Post a Comment