Dampak Hujan Debu Bagi Kesehatan

achunksblog - Selamat Pagi ataukah selamat malam yang harus diucapkan oleh kami kepada para nitter, jam telah menunjukkan pukul 00:44. Dengan penuh semangat kami ucapkan selamat istirahat aja dari pada pusing mikirin selamat pagi atau selamat malam yang mau diucapkan.

Pagi hari yang mendung disertai debu-debu halus yang berterbangan di angkasa, membuat dada ini terasa sulit untuk bernafas. Beberapa jam yang lalu sebelum orang-orang bangun dari tempat tidur di daerahnya masing-masing khususnya di daerah Madura telah merasakan halusnya debu-debu yang masuk kedalam lubang hidung. Setelah sinar matahari beterbangan membuka kegelapan akhirnya kamipun bangun dan terasa aneh ketika atap-atap rumah kami terasa memiliki salju namun itu bukanlah salju seperti di eropa, tetapi debu yang menimpel diatap rumah kami. Sebelumnya kami tidak mengetahui dari mana datangnya abu-abu itu?. Jam menunjukkan jam 07:00 kami sempatkan untuk menonton televisi dengan tujuan untuk mengetahui pemenang antara tim-tim kesayangan kami yang telah bermain, namun sebelum kejadian menonton siaran bola disempatkan dulu menonton berita, yang akhirnya diketahuilah bahwa gunung kelud telah meletus sekitar jam 10:50. Dengan menonton televisi akhirnya kami sadar bahwa abu-abu yang menimpel diatap rumah kami adalah abu vulkanik yang berasal dari gunung kelud.

Dengan tidak sadar kami sebagai manusia yang bodoh dan jauh dari kesempurnaan tidak mengetahui akan dampat dan akibat yang ditimbulkan oleh abu vulkanik tersebut. Dan setelah beberapa jam dari itu kami sempatkan untuk browsing di internet akan dampak dari abu vulkanik, setelah membaca beberapa artikel akhirnya bisa disimpulkan bahwa abu vulkanik sangatlah berbahaya karena kalau cuma kita memandang dengan kasat mata telanjang pastinya agak tidak berbahaya, namun jika teliti ternyata abu-abu itu sangatlah tajam, sebagai contoh jika kita tidak memakai helm ataupun kaca mata untuk menutupi mata kita maka kita akan merasakan perih pada mata kita. Apalagi pada kesehatan kita, mungkin akibat ini tidak akan langsung diketahui namun setelah beberapa hari jika kita tidak menggunakan masker atau alat pengaman lainnya mungkin kita akan merasakan sesak nafas.

Jika kita melihat peristiwa ini kayaknya kita tidak begitu memperhatikan akan bahaya abu vulkanik tersebut, tetapi jika kita turun lapangan dan melihat kejadian-kejadian yang terjadi di masyarakat sangatlah banyak, seperti dengan adanya abu vulkanik tersebut sapi ternak milik masyarakat banyak yang mabuk, ini diakibatkan ternak-ternak itu makan rumput yang terkena abu vulkanik.

Bagi shobat yang dalam perjalanan maupun mau kesuatu tempat, jangan lupa untuk memakai masker demi menjaga kesehatan kita.

No comments:

Post a Comment