Abu Vulkanik Berdampak Pada Keracunan


achunksblog - Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh. Selamat pagi dan selamat beraktifitas. Semoga dipagi hari ini kita senanantiasa mendapatkan kesehatan, amin ya robbal alamin.

Beberapa bulan terakhir ini Indonesia telah mengalami beberapa musibah (ya jika itu dikatakan musibah, tapi jika bukan musibah mungkin bisa dikatakan sebagai cobaa. - sabar aja). Banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi seperti banjir, gunung meletus baik itu gunung sinabung maupun gunung kelud. Gunung sinabung tidak begitu memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat khususnya masyarakat Madura. Namun berbeda dengan gunung kelud, gunung ini memberikan dampak yang begitu besar bagi masyarakat khususnya masyarakat Madura, mulai dari hujan debu, keracunan pada ternak.

Keracunan pada ternak (sapi) banyak terjadi di daerah-daerah Madura khususnya di daerah Pamekasan, masyarakat tidak tahun dan tidak paham apa yang telah terjadi pada ternak-ternak mereka. Mereka berasumsi bahwa ternak-ternak mereka keracunan setelah diberi rumput yang baru diambil dari sawah atau ladang-ladang mereka dan langsung diberikan pada ternak mereka, dengan peristiwa ini masyarakat beranggapan bahwa binatang ternak mereka keracunan karena abu vulkanik yang disemburkan oleh gunung kelud. Bersamaan dengan peristiwa itu telah terjadi hujan debu disejumlah tempat di daerah pamekasan. Namun tidak semua ternak-ternak petani mengalami keracunan, seperti ternak milik penulis blog ini/ achunksblog tidak mengalami keracunan padahal sudah diberi rumput yang baru diambil dari sawah ini - Alhamdulillah.

Dari informasi tetangga sebelah jika tidak ingin ternak-ternak kita mengalami keracunan, maka diharuskan untuk mencuci dulu rumput yang telah diambil dari sawah atau ladang.

Dengan pengalaman ini semoga kita mendapatkan manfaat dan bisa mengambil pelajaran di kemudian hari, akhir kata Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh.

No comments:

Post a Comment